Sekretariat

Sesuai dengan Peraturan Bupati Ciamis Nomor Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Dinas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Sekretariat Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan dipimpin oleh seorang Sekretaris dan membawahi Sub Bagian yang terdiri dari:

1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

2. Sub Bagian Keuangan

3. Sub Bagian Perencanaan.

Adapun Tugas pokok dan fungsi dari Sekretariat yang dipimpin oleh seorang Sekretaris adalah:

  • Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi perencanaan dan program Dinas, pengkajian perencanaan dan program, serta pengelolaan keuangan, kepegawaian dan umum.
  • Sekretariat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) menyelenggarakan fungsi:
  1. penyelenggaraan pengkajian dan koordinasi perencanaan, program kerja Dinas
  2. penyelenggaraan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan
  3. penyelenggaraan pengkajian dan koordinasi pengelolaan data dan informasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja Dinas
  4. penyelenggaraan pengelolaan administrasi keuangan
  5. penyelenggaraan pengkajian anggaran belanja
  6. penyelenggaraan pengendalian administrasi belanja
  7. penyelenggaraan pengelolaan aset/barang milik daerah
  8. penyelenggaraan pengelolaan administrasi kepegawaian
  9. penyelenggaraan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan
  10. penyelenggaraan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan
  11. penyelenggaraan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat
  12. penyelenggaraan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan
  13. penyelenggaraan koordinasi dengan unit kerja terkait
  14. penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya
  15. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya

 

1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan penyiapan dan koordinasi tatalaksana, kepegawaian dan dukungan administrasi umum yang menjadi tanggung jawab Dinas
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud diatas, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum menyelenggarakan fungsi:
  1. mempunyai tugas melaksanakan penyiapan dan koordinasi tatalaksana, kepegawaian dan dukungan administrasi umum yang menjadi tanggung jawab Dinas
  2. penyusunan bahan penyelenggaraan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan dan rumah tangga
  3. pelaksanaan administrasi, dokumentasi peraturan perundang-undangan, kearsipan dan perpustakaan
  4. pengelolaan perlengkapan Dinas
  5. pelaksanaan pengelolaan rumah tangga, ketertiban, keindahan serta keamanan kantor
  6. pelaksanaan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan asset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor
  7. pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait
  8. penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya
  9. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya

 

2. Sub Bagian Keuangan

  • Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan koordinasi penyelenggaraan urusan keuangan dan pengelolaan aset/barang milik daerah di lingkungan Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud diatas, Sub Bagian Keuangan menyelenggarakan fungsi:
  1. pelaksanaan penyusunan bahan dan penyiapan anggaran Dinas
  2. pelaksanaan pengadministrasian dan pembukuan keuangan Dinas
  3. pelaksanaan perbendaharaan keuangan
  4. pelaksanaan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan
  5. pelaksanaan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung Dinas dan UPT
  6. pelaksanaan verifikasi keuangan
  7. pelaksanaan akuntansi dan penyiapan bahan pertanggung jawaban keuangan
  8. pelaksanaan dan koordinasi penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan administrasi keuangan
  9. pengelolaan aset/barang milik daerah di lingkungan Dinas
  10. pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait
  11. penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya
  12. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya

 

3. Sub Bagian Perencanaan.

  • Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas penyiapan dan koordinasi penyusunan perencanaan, program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan masyarakat di lingkungan Dinas
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud diatas, Sub Bagian Perencanaan menyelenggarakan fungsi:
  1. pelaksanaan koordinasi dan penyusunan perencanaan dan program kerja Dinas
  2. penyiapan, penyusunan, dan analisis bahan rencana perumusan kebijakan, program, dan kegiatan
  3. penyiapan, pengumpulan, penyusunan, dan analisis bahan rencana anggaran
  4. pengumpulan, pengolahan, analisis data hasil pemantauan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kinerja, program, kegiatan, dan anggaran
  6. pelaksanaan kegiatan kehumasan dan keprotokolan meliputi pelaksanaan publikasi, dokumentasi, urusan pemberitaan, hubungan media, dan hubungan atar lembaga
  7. pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait
  8. penyusunan laporan kegiatan di bidang tugasnya
  9. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya